Kemenag Aceh Besar Dorong ASN Realisasi Capaian e-Kinerja

Jantho, Bahaba.net – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H Saifuddin SE mengatakan sejak aplikasi e-Kinerja diterapkan, setiap saat abdi sipil negara (ASN) ditintut menyelesaikan e-Kinerja sesuai aturan. Melalui fungsi e-Kinerja, ASN diminta bekerja maksimal sesuai target dan akan dinilai per triwiluan.

“Jika tidak selesai, akan sampai ke Kanwil Kemenag Aceh dan Sekretaris Jenderal Kemenag RI, dan kita akan mendapatkan teguran, sebab sistemnya terintegrasi dan bisa dipantau oleh pusat,” katanya saat membuka Evaluasi Kinerja di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar 2024, di aula KUA Kecamatan Blang Bintang, 14 Agustus 2024.

H Saifuddin berharap ASN solid dan sama-sama membantu menjaga nama baik lembaga dengan cara menyelesaikan e-Kinerja. Jika tidak, maka awal tahun depan, bisa jadi tunjangan kinerja (Tukin) akan ditahan.

“Jangan terhambat tukin karena e-Kinerja tidak siap. Kita jaga diri dengan menyelesaikan tugas dan kewajiban. Ini yang salalu diingatkan oleh atasan di Kemenag. Mari ajak kawan-kawan ASN untuk menyiapkan e-Kinerja, sehingga tidak ada lagi anggapan tidak baik untuk Aceh Besar,” jelasnya dalam acara yang dihadiri Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, H Akhyar SAg MAg, Kasi Pendidikan Madrasah, H Suryadi SAg, dan sejumlah kepala KUA di Aceh Besar.

Ia menyebutkan, Kankemenag Aceh Besar tidak ingin Aceh Besar terkendala hanya karena e-Kinerja. Semua sisi di Aceh Besar harus jalan, baik di KUA dan madrasah. Ini harus jadi perhatian bersama. ASN tidak boleh anggap remeh e-Kinerja, walau selama ini gaji tiap bulan lancar. Tapi pada akhir tahun, akan diperketat dan penyesuaian tukin dengan e-Kinerja. Apa pun yang diinginkan regulasi harap dikerjakan. Semua ASN disumpah untuk mengikuti aturan. Jadi jangan melanggar sumpah jabatan.

“Kita optimis, jika mandset bersama diubah jadi lebih baik, akan berhasil dan semua tuntas terkait e-Kinerja. Mohon bantu kami, bantu bersama. Kita tidak ingin Aceh Besar jadi pemicu ketidakberhasilan Aceh. Sebaliknya, kita ingin Aceh Besar jadi pemicu keberhasilan Aceh.

Kasubbag TU Kankemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana SAg MSi mengatakan pertemuan ini sangat penting untuk menyampaikan terkait perkembangan e-Kinerja di Kakemenag Aceh Besar.

“Pertemuan ini ditekankan pada peningkatan e-Kinerja bagi ASN,” tegas H Khalid Wardana dalam sambutannya yang dihadiri ASN Seksi Bimas Islam dan Seksi Pendidikan Madrsah (Pendmad).

Ia menyebutkan e-Kinerja menjadi tolak ukur kinerja ASN, yang wajib dilaksanakan sesuai regulasi dan per triwulan. Setiap pengisian laporan e-Kinerja, selalu ada surat edaran yang menerangkan batasan pengisian capaian kerja.

Khalid Wardana menegaskan masalah ini sangat penting dan dipantau secara nasional. E-Kinerja juga menyangkut dengan data di Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Koneksitas e-Kinerja bukan cuma di Kemenag, tapi dengan BKN. Setiap triwulan di-update oleh Kanwil Kemenag Aceh, jadi setiap ASN harus tuntas kinerja.

“Mohon dalami dan pahami. Jika tidak paham silakan konsultasi dan bertanya. Intinya e-Kinerja harus diselesaikan,” tegasnya.

Kemenag, kata Khalid Wardana, akan terus memantau kinerja ASN. Kita ada jam kerja dan tugas, jadi harus jadi perhatian serius ASN supaya target kerja selesai.

“Mohon hal-hal kecil diperhatikan oleh ASN, supaya Kemenag Aceh Besar menyala,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *