Buaya Masuk Perangkap BKSDA Jadi Tontonan Warga 

Aceh Jaya – Seekor buaya sepanjang 3 meter masuk perangkap Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang dipasang di kawasan sungai Gampong Baro Sayeung, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya.

Kepala Resort BKSDA Perwakilan Aceh Jaya, Supriadi mengatakan buaya yang diperkirakan memiliki bobot sekitar 200 kilogram itu diketahui terjebak dalam perangkap pada pagi hari, Sabtu (2/12/2023) sekira pukul 9.30 WIB.

Bacaan Lainnya

” Pagi tadi sekitar jam setengah sembilan kita dapat informasi buaya masuk perangkap, namum kita tidak bisa pastikan apakah buaya ini yang menerkam warga atau yang lainnya,” ujar Supriadi.

Menurutnya, penangkapan itu dilakukan karena laporan masyarakat tentang adanya buaya yang sudah meresahkan masyarakat, bahkan sudah ada warga yang menjadi korban.

” Disini memang habitat dia (buaya) dan ada aktivitas lain juga disini. Kami juga menghimbau kepada pak camat, Kepala desa termasuk masyarakat disini untuk berbagi ruang. Artinya aktivitas manusia disitu sudah melebihi ruang yang ada,” katanya.

Ia menambahkan buaya yang berhasil ditangkap ini akan direlokasi tempat penangkaran di Banda Aceh, ibukota Provinsi Aceh.

Amatan dilokasi, buaya masih terkurung dalam perangkap BKSDA di Gampong Baro Sayeung menjadi tontonan warga, bahkan ada juga yang mengabadikan momen langka tersebut dengan kamera handphone.

Nurhidayati, salah satu warga mengaku datang ke lokasi karena penasaran dengan hewan tersebut.

” Karena penasaran belum pernah melihat secara langsung,” ujarnya.(*)

Pos terkait