Raker Cakra Raya Mengerucut Dua Nama Direkomendasikan Bakal Calon Bupati Aceh Jaya 2024

Bahaba.net | Aceh Jaya – Hasil Rapat Kerja (Raker) forum masyarakat Calang Krueng sabe (CAKRA) Raya, Aceh Jaya berhasil menetaskan dua sosok Bakal Calon (Balon) sementara bupati periode 2024-2029.

Kedua balon itu adalah Amal Hasan, SE, M.Si Ketua Ikajaya Banda Aceh dan Juanda, S.Pd.I, M.Pd Kadis Parekrafpora Aceh Jaya. Selasa (2/4/2024)

Bacaan Lainnya

Raker berlangsung di Aula SMP unggul Calang dipadukan dengan acara santunan anak yatim, buka puasa bersama dan Kultum Yang di Sampaikan Oleh Ustadz Muda Ahmad Zaki SH.

Kegiatan itu dihadiri para tokoh Calang Krueng Sabee, Camat Krueng sabee. Mukim Calang dan Mukim Krueng sabee, Keuchik Gampong dalam Kecamatan Krueng Sabee beserta juga tokoh Ketua pemekaran Aceh Jaya Adnan NS, S Sos M.A.P juga sebagai Majelis Tinggi Forum Cakra

Selain itu, Kegiatan itu juga dihadiri Ulama Kharismatik Aceh Jaya Tgk Mustafa Sarong S.Pd ( WALIDI ), Ketua MUNA Tgk Muhibbuddin Albaiyani dan tokoh Calang-Krueng Sabe yang berada di Meulaboh dan Banda Aceh

Dalam suasana menjelang buka puasa bersama itu , selain memaparkan ketentuan Stuktur kepengurusan Forum Cakra Raya periode 2024 – 2029 dan AD-ART, membacakan unsur kepengurusan Cakra periode 2024-2029, juga menampilka 16 sosok figur calon Bupati yang telah dihimpun 19 Maret lalu.

Petang itu juga keenam belas calon dalam forum besar ini diseleksi dan diminta tanggapan tentang kesediaan untuk menjadi calon atau ketidak sediaannnya untuk dicalonkan sebagai balon Bupati.

Dalam suasana sedikit kocak banyak calon yang menyatakan tidak siap maju sebagai calon alias mundur dalam percaturan politik lokal ini dengan berbagai argumentasinya. Bahkan di antara yang mundur itu menyatakan mendukung yang memiliki bobot “2 T” (tokoh dan tauke).

“Sedangkan balon hasil penjaringan Forum CAKRA yang abstain dalam raker dan forum silaturrahmi ini dianggap otomatis gugur,” kata Ketua Cakra Muslim, S.AB.

Sisanya hanya satu yang tidak mengamini calon jejak sebelumnya, yaitu Juanda S.Pd I, M.Pd.Dengan suara lantang Juanda spontan mengangkat tangan tinggi-tinggi menyatakan siapa maju.

“Soal satu “T” tak dimiliki bisa ada sponsornya.”Pokoknya Saya maju”, ujar Juanda dengan semangat sangat konfidence diiringi tepuk tangan gemuruh.

Sebaliknya dalam proses penyaringan petang itu Amal Hasan putra Dayah Baro, Calang yang duduk menghadap ke matahari terbenam, juga mantan Direksi Bank Aceh secara kalem juga menyatakan siap maju atas kepercayan yang diberikan. “Ini bukan soal kekuasaan tapi soal amanah yang harus dijalankan,” terang Amal Hasan

Adapun keenambelas sosok figur balon hasil penjaringan sebelumnya, Ir.Junaidi Yusuf alias Yah Gam ketua DPC PDI Aceh Jaya, T.Ali Munir, Safriyantoni Hasan Basri alias Pang Toni, Amal Hasan Ibrahim, SE, M.Si, Saiful Bahri.Ismail , SP, Drs.Azwar Thaib, M.Si, H. Fitri Maya Lisa, S.Sos, Muslim Hasan, S.AB, Dr.Hj.Mariati MR, M.Si, Janda, S.Pd I, M.Pd, Aizuddin, S.Sos, M.Si, Hanasri Ramli, ST, Kasmalinda, S.Pd, dr Dahril Ismail, BA, H.Yasmar Hijar Yunus, S.Pd dan H.Zulfikri Ibrahim.

Menurut keterangan, Juanda, S.Pd.I, M.Pd kefigurannya akan berbenturan dengan nomenklatur ASN yang tidak diperboleh menjadi partai politik dan kepala daerah, kecuali yang bersangkutan mengundurkan diri dari status PNS atau mengambil pensiunan muda.

Menyinggung tentang ini, Ketua Cakra Muslim Hasan S.AB, “Kita akan Rapat kembali membahasnya pasca Hari Raya Idul Fitri atau melakukan Musyawarah Mufakat Atau votting lagi agar pilihannya menjadi tunggal dari Cakra,” tutup Muslim. (*)

Pos terkait