Aceh Jaya gelar Pekan Kebudayaan Daerah Tahun 2024

Aceh Jaya – Penjabat Bupati Aceh Jaya, Dr. A. Murtala, M.Si., diwakili oleh Plt. Asisten Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Muhammad Milsa, S.H., M.Kn., membuka acara Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) ke II tahun 2024

Acara ini dengan tema “Gali Potensi Negeriku melalui Pekan Kebudayaan Daerah”. Pembukaan PKD tersebut dilaksanakan di Taman Memorial Tsunami, Calang pada senin, 8 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

PKD ke II tahun 2024 ini akan berlangsung selama 3 hari yaitu mulai tanggal 8-10 Juli 2024 dan diikuti oleh 156 peserta dari berbagai kecamatan di Aceh Jaya. Mereka akan bertanding dalam 4 cabang lomba, yaitu musik kreasi, musik garapan, tari kreasi daerah, lomba ayun Aneuk, serta lomba seumapa. PKD ini akan dilaksanakan dari tanggal 8 sampai dengan 10 Juli 2024.

Milsa mengatakan bahwa Kegiatan pekan kebudayaan daerah aceh Jaya tahun 2024 yang ke dua ini tentunya akan menjadi agenda tahunan dalam rangka memupuk dan membangkitkan semangat semangat para generasi muda untuk mengembangkan bakat dan minatnya di bidang kesenian.

Milsa berharap PKD ini dapat menjadi wadah bagi para generasi muda Aceh Jaya untuk mengembangkan bakat dan minatnya di bidang kesenian.
“Tentunya kita sangat berharap para generasi ini dapat tampil dengan lebih baik, baik di tingkat provinsi maupun nasional”. Ucapnya.

Milsa juga berharap PKD ini dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Aceh Jaya dan mengenal kekayaan budaya dan wisata daerah ini.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Jaya,Baihaqi,S.Pd., MM., menyampaikan bahwa salah satu tujuan PKD adalah untuk melestarikan adat istiadat budaya Kabupaten Aceh Jaya. Melalui PKD, generasi muda diharapkan dapat mempelajari dan melestarikan budaya daerah agar tidak punah.

Ia menambahkan bahwa PKD adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah sekaligus untuk persiapan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA). (*)

Pos terkait