Satgas TMMD Kodim Aceh Jaya Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada Siswa 

Aceh Jaya – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 Kodim 0114/Aceh Jaya memberikan penyuluhan tentang Bela Negara kepada sejumlah aparat desa,dan Siswa-Siswi SMA N 1 Jaya Lamno Bertempat di SMA N 1 Jaya Lamno di Desa Meunasah Weh, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Sabtu (10/08/2024).

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan yaitu Materi Bela Negara dalam pembahasan yang disampaikan mencakup diantaranya makna Bela Negara adalah kesadaran dan tindakan warga negara yang diterapkan karena cinta mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk memastikan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Danramil 01/Jaya Kapten Inf Yudi Sawal didepan siswa-siswi dengan Jumlah sekitar 40 Orang menjelaskan, bahwa kegiatan penyuluhan bela negara ini adalah bagian terpenting dalam pelaksanaan TMMD ke 121 Kodim 0114/Aceh Jaya yang digelar tahun ini di Desa Panton Makmur Ini, dalam kegiatan TMMD ini bukan saja bidang fisik yang diutamakan namun juga bidang non fisik kita sisipkan sebagai upaya penanaman jiwa nasionalisme dan membentuk masyarakat yang tangguh.

“Seluruh elemen masyarakat memiliki kewajiban dalam bela negara, arti bela negara disini bukan harus angkat senjata menghadapi musuh yang nyata, tetapi bela negara disini adalah menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dalam tanggung jawabnya sebagai masyarakat yang cinta aturan.” ujar Danramil. (*)

Pos terkait