Plt Kabid Koperasi dan UKM: Pemerintah Komit Dukung Pelaku Usaha Kecil dan Menengah

Aceh Jaya – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) terus memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah, dalam rangka memajukan ekonomi masyarakat.

Adapun dukungan yang diberikan selama tahun 2023 antara lain, melaksanakan pelatihan wirausaha pemula dan pelatihan kewirausahaan inovasi produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM).

Bacaan Lainnya

Kemudian, melaksanakan pelatihan akutansi perkoperasian dan manajemen usaha koperasi bagi pengurus koperasi yang ada di Aceh Jaya.

Plt Kabid Koperasi dan UKM Koperindag Aceh Jaya, Saparudin mengatakan, pelatihan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor usaha kecil dan menengah dan memajukan ekonomi masyarakat.

Mareka dilatih tentang strategi pemasaran agar bisa menjual hasil produknya sehingga menjangkau pasar luar.

” Pelatihan untuk koperasi materi yang diberikan tentang pembuatan RAK, sedangkan pelatihan UKM dilaksanakan untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produk mareka,” ujar Saparudin.

Ia mengatakan bahwa beberapa kegiatan pelatihan itu bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

” Setelah pelatihan ini kita harapkan ada perubahan terutama pemasaran, jangan sudah ada produk tetapi tidak tau kemana dijual,” terangnya.

“Rata-rata kendala yang dirasakan UKM kita adalah disegi pemasaran.” pungkasnya.(*)

Pos terkait