Pj Bupati Nurdin Lantik Komisioner KIP Aceh Jaya

Bahaba.net | Calang – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya Melantik Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Jaya periode 2023-2028. Pelantikan dilakukan oleh Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si, di Aula Setdakab Kabupaten Aceh Jaya pada Rabu (30/8/2023).

Pelantikan anggota KIP Aceh Jaya periode 2023-2028 tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRK Aceh Jaya, Muslem D., Ketua Mahkamah Syar’iyah Calang, Ketua Pengadilan Negeri Calang, Kapolres Aceh Jaya, Dandim 0114 Aceh Jaya, Sekda Aceh Jaya, perwakilan dari KIP Aceh, serta sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Aceh Jaya

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Dr. Nurdin, mengucapkan selamat kepada komisioner yang baru saja dilantik. Dirinya menyampaikan pentingnya peran KIP dalam memastikan pelaksanaan pemilihan umum yang adil, jujur, dan transparan di kabupaten ini. Beliau juga menekankan komitmen pemerintah daerah untuk memberikan dukungan penuh terhadap proses demokrasi dan berupaya menciptakan iklim politik yang sehat

“Kami mengucapkan selamat kepada komisioner yang baru saja dilantik, pada hari ini, di pundak saudara – saudara sebagaimana dilantik tadi tercantum harapan juga beban tanggung jawab yang harus diselesaikan yaitu mengawal terselenggaranya Pemilihan Umum (pemilu) di Kabupaten Aceh Jaya, baik pemilihan DPR RI, DPD RI, DPRA, DPRK, bupati dan wakil bupati aceh jaya, gubernur dan wakil gubernur aceh serta pemilihan predisen dan wakil presiden republik Indonesia. ” katanya

Dr. Nurdin, melanjutkan, Kita harus memastikan bahwa proses pemilihan di kabupaten kita berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang baik.

“Suksesnya pemilu merupakan tantangan bagi kita sekaligus momentum nasional untuk menunjukkan pada dunia sebagai negara demokrasi terbesar kita bisa melaksanakan pemilu secara serentak.” terangnya

Ia juga berharap agar para anggota KIP Aceh Jaya dapat bekerja sama dengan berbagai pihak demi suksesnya pelaksanaan pemilihan umum di Kabupaten Aceh Jaya.

Menurutnya komunikasi yang baik dan kerjasama yang berkesinambungan antar lembaga merupakan kunci sukses pelaksanaan tugas – tugas yang telah ditetapkan.

Pj. Bupati Aceh Jaya tersebut berpesan kepada para anggota KIP Aceh Jaya agar dapat bekerja secara profesional, netral, dan imparsial dalam menjalankan tugasnya serta bersinergi dengan semua pihak dalam mempersiapkan Pemilu serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

Anggota KIP yang baru dilantik adalah tokoh-tokoh yang dipilih berdasarkan kriteria ketat untuk memastikan independensi dan kualitas kerja komisi tersebut. Mereka adalah:

  1. Hendri Gunawan, S.Hut.
  2. Kamaruzzaman.
  3. Basriadi,
  4. Marsuneh, S.E.,
  5. Usdineva, S.T.

KIP Kabupaten Aceh Jaya memiliki tugas penting dalam mengawasi, mengatur, dan mengelola segala aspek yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilihan umum di tingkat kabupaten. Dengan komposisi anggota yang baru dilantik, diharapkan KIP dapat berkontribusi lebih besar dalam memastikan suksesnya pemilihan-pemilihan di masa depan.

Dengan pelantikan tersebut, Kabupaten Aceh Jaya kembali menunjukkan komitmen yang kuat terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan pelaksanaan pemilihan umum yang adil. Pelantikan tersebut juga sekaligus menandai dimulainya tahapan persiapan menuju pemilihan umum di Kabupaten Aceh Jaya.(*)

Pos terkait