120 Kader Gampong Dilatih Pendampingan Penurunan Stunting

ACEH JAYA – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Aceh bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Keluarga Berencana  (DPMPKB) Aceh Jaya melatih 120 kader Gampong/desa tentang pendampingan menangani dan penurunan angka prevalensi stunting.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula DPMPKB kompleks perkantoran Bupati Aceh Jaya, Senin (16/10/2023).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas DPMPKB Aceh Jaya, Sulaiman mengatakan, peserta pendampingan penurunan stunting terdiri dari unsur Kader PKK, bidan desa dan kader keluarga berencana (KB), bertujuan untuk mengoptimalkan peran pendamping keluarga ditingkat desa dalam menangani stunting.

” Tujuannya adalah untuk melatih kader Gampong/desa dalam hal pendampingan program penurunan stunting seperti pencatatan, pelaporan, serta edukasi dan konseling,” kata Sulaiman.

Adapun desa lokus penanganan stunting di Kabupaten Aceh Jaya adalah Desa Lamtui, Sango, Jeumpheuk, Babah Dua, Padang, Pante Kuyun, Ranto Panyang, Tuwie Kareng, dan Bintah.

Ia berharap, kader Gampong/ desa agar lebih aktif melaksanakan tugas pendampingan kepada Calon Pengantin (Catin), bumil, Bufas dan Balita. Sehingga target penurunan stunting berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Adapun narasumber dalam kegiatan itu, Kepala BKKBN perwakilan Provinsi Aceh, Safrina Salim, dan kepala DPMPKB Aceh Jaya, Sulaiman.(*)

Pos terkait